Simak! Hal Inilah yang Mempengaruhi Cepat Rambat Bunyi

Simak! Hal Inilah yang Mempengaruhi Cepat Rambat Bunyi

Yang namanya cepat rambat bunyi itu selalu berkaitan dengan medium yang lainnya. Karena bunyi baru bisa merambat lewat zat cair, zat padat, dan juga zat gas. Bunyi tidak akan bisa merambat jika tidak ada pergerakan. Bukti nyata terlihat ada beberapa astronot yang berada di bulan, mereka kerap tidak saling berbicara langsung meskipun jaraknya dekat. Mau tahu alasannya kenapa?
Ini bisa terjadi karena di bulan tidak ada atmosfernya. 

Tidak sama seperti saat berada di bumi. Sehingga, hal ini membuat orang yang satu dengan yang lainnya tidak bisa berbicara secara langsung meskipun jarak keduanya sangat dekat. Karena, untuk bisa berkomunikasi secara langsung, setiap orang yang berada di bulan baru bisa berkomunikasi berkat alat komunikasi dari gelombang radio. Gelombang radio ini termasuk spectrum gelombang electron magnetik.

Formula Perhitungan Cepat Rambat Bunyi
Untuk perhitungan cepat rambat bunyi ini dipengaruhi oleh formulanya. Dalam suhu udara sebanyak 15 derajat celcius ini bisa menghasilkan suara bunyi yang merambat lewat udara bebas dengan kecepatan mencapai 340 m per detik. Sedangkan, untuk rumusnya adalah V = S/t. Dimana untuk keterangannya adalah V merupakan kecepatan rambat bunyi, dan t adalah waktunya, sedangkan s merupakan jarak tempuhnya.

Penjelasan Lebih Jauh tentang Formula Bunyi
Suhu udara yang panas atau terlalu dingin bisa mempengaruhi kecepatan bunyi yang terjadi di udara. Makin rendah suhu udaranya, hal ini bisa membuat kecepatan rambat bunyi menjadi makin cepat. Hal ini dikarenakan partikel udaranya menjadi lebih banyak. Misalnya saja, seperti bunyi arloji yang terdengar cukup keras jika memakai kayu dibandingkan tidak menggunakan kayu. Bunyi tidak bisa terdengar di area ruang hampa udara.

Itu karena untuk menghasilkan suara bunyi itu membutuhkan bantuan dari zat perantara sebagai alat untuk menghantarkan bunyi. Entah itu dengan bantuan zat cair, padat, dan zat gasnya. Bunyi yang telah merambat lewat bantuan medium bisa mengalami pemantulan, interfensi, pembiasaan, dan juga difraksi. Kejadian ini membuktikan bahwa bunyi yang telah merambat merupakan gelombang mekanik. Sehingga, hal ini menyebabkan hukum yang tidak bisa diabaikan seputar bunyi.

Yaitu, karena bunyi merupakan gelombang mekanik, sehingga hal ini menghasilkan hukum yang bermakna bahwa bunyi hanya bisa merambat lewat medium saja. Yaitu, dari padat, gas, dan cair. Jadi, cepat rambat bunyi ini tidak akan terjadi bila berada di ruangan yang hampa udara. Umumnya, proses ini hanya terjadi paling besar pada zat padat, barulah kemudian bisa terjadi di zat cair dan zat gas.

Hal-hal yang Mempengaruhi Cepat Rambat Bunyi
1. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi terjadinya kecepatan rambatan pada bunyi. Yaitu, kerapatan partikel medium yang dilewati oleh bunyi. Dimana makin rapat susunan dari partikel mediumnya, ini bisa membuat bunyi yang merambat menjadi makin cepat. Karena itulah, bunyi menjadi cepat merambat saat dipengaruhi oleh benda padat. Berbeda sekali dengan beberapa zat yang lainnya, seperti zat cair dan zat gas.
2. Selain hal itu, kecepatan bunyi ini juga bisa dipengaruhi oleh suhu mediumnya. Dimana makin panas suhu medium tersebut, maka kecepatan bunyi makin cepat. Hubungan ini telah dirumuskan ke dalam sebuah persamaan matematis, berupa V = V0 + 0,6 t, yang mana untuk satuan V0 ini merupakan cepat rambat bunyi dalam suhu nol derajat dengan t merupakan pengertian dari suhu medium.


AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts