Seperti Inilah Jadinya Jika Cepat Rambat Bunyi Dipakai Untuk Kedokteran

Seperti Inilah Jadinya Jika Cepat Rambat Bunyi Dipakai Untuk Kedokteran

Umumnya cepat rambat bunyi itu baru bisa didengar bila ada pendengarnya. Dimana salah satu alat pendengar adalah telinga. Getaran yang berasal dari benda yang sedang bergetar ini bisa sampai ke telinga pendengar lewat udara berbentuk gelombang. Gelombang yang ada di udara ini adalah gelombang longitudinal. Jadi, bunyi yang merambat lewat udara ini selalu berbentuk gelombang longitudinal.

Gelombang longitudinal ini merupakan perenggangan yang bisa merambat lewat ketiga wujud zat, berupa gas, cair, dan zat padat. Ada 3 hal yang bisa dihasilkan oleh bunyi, yaitu bunyi yang dihasilkan sumber dari gelombang yang lain. Yaitu, dari benda yang telah bergetar. Ada lagi energi yang telah dipindah dan sumber bunyi berbentuk gelombang longitudinal. Sedangkan, bunyi yang dikenali telinga dipengaruhi oleh massa zat dan suhunya.

Apa Bunyi Ultrasonik Itu?
Dilihat dari segi frekuensinya, bunyi itu terdiri atas infrasonik, audiosonik, dan juga ultrasonik. Dimana untuk bunyi ultrasonik itu merupakan getaran atau suara yang dihasilkan dengan frekuensi yang sangat tinggi untuk dapat didengar telinga manusia. karena frekuensinya melebihi dari 20 kilo Hertz. Hanya ada beberapa binatang saja yang bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi. Salah satunya adalah binatang lumba-lumba.

Sementara untuk binatang kelelawar kerap memakai gelombang ultrasonik ini untuk navigasi. jadi, gelombang ultrasonik ini sebenarnya merupakan gelombang ultra frekuensi dari gelombang suara. 

Gelombang ultrasonik ini bisa merambat lewat benda padat, cair, dan benda gas. Reflektivitas yang dihasilkan oleh gelombang ultrasonik pada permukaan cairan hampir sama seperti pada permukaan padat. 
Namun, busa dan tekstil bisa menyerap jenis gelombang ini.

Frekuensi yang dapat diasosiasikan menggunakan gelombang ultrasonik lewat aplikasi elektronik ini bisa dihasilkan getaran elastis yang berasal dari kristal kuarsa yang sudah diinduksikan reasonans dengan batnuan medan listrik bolak-balik yang digunakan. 

Terkadang, gelombang dari bunyi ultrasonik ini bisa menjadi tidak periodik, sehingga hal ini disebut sebagai derau atau noise yang bisa dijadikan sebagai super posisi pada gelombang periodik. Biasanya jumlah komponennya besar.

Kelebihan dari gelombang ultrasonik yang tidak bisa didengar adalah mudah difokuskan dan sifatnya langsung. Sedangkan, jarak benda yang memanfaatkan delay dari gelombang datang dan gelombang pantul  adalah deteksi gerakan dan sistem radar pada sensor robot dan hewan. 

Beberapa binatang tertentu yang bisa mendengar cepat rambat bunyi ultrasonik adalah kucing dan anjing. Sedangkan kelalawar menggunakannya untuk menghindari benda ketika terbang di tempat gelap dan mencari makanan.

Contoh Pemanfaatan Cepat Rambat Bunyi di Bidang Kedokteran
Salah satu contoh pemanfaatannya di bidang kedokteran adalah untuk memeriksa ultrasonografi memakai pulsa ultrasonik. Seperti yang telah diketahui, bahwa di dalam tubuh manusia itu pulsa ultrasonik dipantulkan lewat tulang, jaringan, dan cairan tubuh dengan masa jenis yang tidak sama. memantulkan pulsa ultrasonik bisa menghasilkan gambar pada bagian tubuh pada pulsa ultrasonik dibagian layar Osiloskop alat.

Jadi, di bidang kedokteran ini, getaran cepat rambat bunyi ultrasonik ini bertenaga rendah. Sehingga, gelombang bunyi ini bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit yang berbahaya yang terjadi dalam organ tubuh. Misalnya saja, untuk payudara, jantung, otak, hati, ginjal, dan juga beberapa organ dalam yang lainnya. Sedangkan, bagi wanita hamil, perkembangan janin pada uterus juga bisa dideteksi lewat ultrasonografi.

Alasan Ultrasonik Dipakai Diagnosis Kedokteran
Seperti yang telah diketahui bahwa ultrasonik saat ini kerap dipakai untuk dunia kedokteran karena ultrasonik lebih aman dibandingkan memakai sinar X. Dimana sinar X bisa merusak sel tubuh karena terjadi ionisasi. Sehingga, hal ini membuat ultrasonik menjadi lebih aman dipakai untuk melihat janin yang ada dalam perut ibu daripada memakai cepat rambat bunyi pada sinar X.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts