Defenisi, Rumus, Soal, Pembahasan Cepat Rambat Bunyi

Cepat Rambat Bunyi.blogspot.com merupakan sebuah blog membahas tentang Ilmu Pengetahuan Khususnya Materi Cepat Rambat Bunyi, untuk beramal dan mempermudah siswa siswi dalam belajar dan mendalami ilmu agar mampu menguasai materi cepat rambat bunyi dengan baik dan lancar

Kalau membahas materi Cepat Rambat Bunyi pasti sudah tidak asing lagi mendengar pembehasan tersebut, nah berikut materi, artikel, makalah, pengetahuan, rumus, contoh soal, dan pembahasan tentang Cepat Rambat Bunyi:

Defenisi Bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi karena adanya getaran dan dapat merambat melalui medium yang lain sehingga dapat sampai ke telinga makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Setiap hari telinga yang masih berfungsi dengan baik pasti akan mendengar berbagai suara-suara yang ada disekitar kita. 

Selain itu, bunyi juga bisa membuat emosi seseorang berubah, seperti saat mendengarkan bunyi-bunyi yang sunyi maka biasanya emosi orang tersebut aksa berganti menjadi lebih tenang.

Defenisi Cepat Rambat Bunyi
Bunyi dapat merambat melalui media udara, zat cair dan zat padat untuk sampai ke telinga kita. Pada zat padat, cepat rambatnya lebih cepat jika dibanding dengan media cair dan gas. Silahkan kalian simak tabel dibawah ini.

Setelah memahami apa itu bunyi, selanjutnya yang akan kita bahas adalah pengertian dari cepat rambat bunyi itu sendiri, secara singkatnya cepat rambat bunyi bisa diterjemahkan yaitu jarak yang ditempuh oleh gelombang bunyi setiap satu-satuan waktu.

Hal tersebut diselidiki oleh 2 ilmuwan asal Belanda yaitu Van Beek dan Moll, dan pada akhirnya berhasil menemukan rumus untuk menghitung cepat rambat bunyi yaitu sebagai berikut:
(Baca Juga Rumus Penting Tentang Vektor)

Keterangan : V = Kecepatan (m/s)
s = Jarak (m)
t = waktu (s)

Jika yang diketahui frekuensi (f), panjang gelombang (λ), atau periode (T) maka menggunakan rumus dibawah ini:

V = λ x f, atau V = λ / T

Nah setelah mengetahui rumus-rumusnya, sekarang kita lanjut ke contoh soal dan pembahasannya berikut ini :

1. Jika cepat rambat bunyi 400 m/s, tentukan frekuensi dan periode gelombang bunyi jika panjang gelombang 10 meter!


Pembahasan:
Diketahui : V = 400 m/s
λ = 10 meter
Ditanya : a. frekuensi (f),

b. Peridoe (T)
Jawab : a. V = λ x f

f = V / λ
f = 400/10 = 40 Hz
b. V = λ / T

T = λ / V
T = 10/400 = 1/40 sekon
2.Sebuah kapal akan mengukur kedalaman laut menggunakan perangkat suara. Jika bunyi ditembakkan ke dasar laut, bunyi pantul diterima setelah 5 detik. Tentukan kedalaman laut tersebut jika cepat rambat bunyi 1500 m/s!

Pembahasan:
Diketahui : t = 5s

V = 1500 m/s
Ditanya : s ?
Jawab : V = ½ s / t ←(gelombang akan memantul dan kembali lagi kekapal jadi harus dibagi 2)
s = ½ V t
s = ½ 1500 x 5 = 3750 meter.


Demikian pembahasan materi contoh soal dan pembahasan Cepat Rambat Bunyi tersebut diatas semoga berhasil dan sukses selalu, temen temen jangan lupa share beritahu temannya, like dan koment nya. Terima Kasih

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts