Pendahuluan Gelombang dan Bunyi

Pendahuluan Gelombang dan Bunyi

Gelombang laut, suara musik, transmisi Gelombang radio dan televisi, serta gempa bumi merupakan beberapa contoh fenomena GelombangGelombang dapat terjadi apabila suatu sistem diganggu dari posisi setimbangnya dan gangguan itu merambat dari satu tempat ke tempat lain. 



Gelombang memegang peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam Bab 1 kita akan membicarakan Gelombang mekanik, yaitu Gelombang yang merambat pada suatu bahan (material) yang dinamakan medium.

Ketika Anda berteriak di dekat dinding bangunan atau berteriak di pinggir jurang menghadap gunung, Gelombang Bunyi akan dipantulkan oleh permukaan tegar pada dinding atau gunung sehingga terjadi gema. Jika kalian menyentakkan salah satu ujung tali yang ujung lainnya diikatkan pada penopang, maka pulsa yang menjalar sepanjang tali akan dipantulkan kembali mendekati kalian. 

Peristiwa ini menunjukkan bahwa Gelombang datang dan Gelombang pantul saling berinteraksi dalam medium yang sama. Peristiwa semacam ini dinamakan interferensi. Interferensi Gelombang merupakan salah satu sifat-sifat umum Gelombang. Semua jenis Gelombang, baik transversal maupun longitudinal, memiliki sifat-sifat yang sama. Dalam Bab 2 kita akan membahas beberapa sifat umum Gelombang.

Salah satu Gelombang mekanik, yaitu Gelombang longitudinal, memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Gelombang longitudinal yang merambat dalam medium, biasanya udara, disebut sebagai Gelombang Bunyi. Telinga manusia sangat peka dan dapat mendeteksi Gelombang Bunyi meskipun intensitasnya sangat rendah. 

Di samping berguna untuk mendengarkan lawan bicara, telinga manusia mampu menangkap isyarat-isyarat dari lingkungan: dari suara binatang di malam hari hingga Bunyi klakson mobil yang bergerak mendekati. Dalam Bab 3 kita akan membahas beberapa sifat penting dari Gelombang bunyi, seperti frekuensi, amplitudo, dan intensitas. 

Telinga manusia sangat peka terhadap perubahan tekanan. Oleh karena itu, dalam membahas Gelombang Bunyi pembahasan perubahan tekanan seringkali sangat bermanfaat. Kita akan membahas hubungan antara pergeseran, perubahan tekanan, dan intensitas serta hubungan antara ketiga besaran ini dengan persepsi Bunyi oleh manusia. Kita juga akan mempelajari interferensi dari dua Gelombang Bunyi yang frekuensinya berbeda sedikit sehingga menimbulkan fenomena layangan. 

Efek Doppler sebagai salah satu fenomena yang terjadi pada Gelombang Bunyi juga akan dibicarakan.

Kompetensi Dasar modul ini adalah mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri Gelombang secara umum dan mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri Gelombang Bunyi serta penerapannya dalam teknologi. Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan
1. perbedaan antara Gelombang transversal dan Gelombang longitudinal,
2. persamaan Gelombang,
3. laju Gelombang transversal dan laju Gelombang longitudinal,
4. prinsip superposisi Gelombang,
5. interferensi Gelombang,
6. refleksi dan transmisi Gelombang,
7. dispersi Gelombang,
8. difraksi Gelombang,
9. Gelombang berdiri pada dawai,
10. fungsi Gelombang Bunyi sinusoidal,
11. Gelombang berdiri longitudinal,
12. getaran dawai,
13. getaran pipa organa,
14. layangan Bunyi,
15. intensitas Bunyi, dan
efek Doppler. 

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts