""Sumber Sumber Bunyi "", Getaran Bunyi Penjelasan, Pengertian

www.cepatrambatbunyi.blogspot.com merupakan blog situs menyajikan membahas khusus mengenai materi cepat rambat bunyi, harapan dapat mencerdaskan dan memberikan Informasi lengkap terhadap anak sekolah dan masyarakat, semoga dapat bermanfaat, Berikut pembehasan tentang Getaran Bunyi:

Penjelasan Getaran Bunyi 

Sehelai dawai ditegangkan dengan beban variabel. Jika dawai dipetik di tengah-tengahnya, maka seluruh dawai akan bergetar membentuk setengah panjang gelombang.

Gelombang yang terjadi adalah gelombang stasioner, pada bagian ujung terjadi simpul dan di bagain tengah terjadi perut. jadi panjang kawat L =  atau = lo = 2L. Nada yang ditimbulkan adalah nada dasar, Jika frekwensinya dilambangkan dengan fo maka :
 fo . lo = fo . 2L = v     fo 
Jika tepat ditengah dawai dijepit, kemudian senar digetarkan maka getaran yang terjadi dalam senar digambar sebagai berikut :
Senar digetarkan pada jarak L dari salah satu ujung senar. Gelombang yang terjadi menunjukkan bahwa pada seluruh panjang tali erjadi 1 gelombang. Jadi  L = l1 dan nada yang ditimbulkannya merupakan nada atas pertama., dengan frekwensi f1.
Maka f1 . l1 = f1 . L = v     f1 
Dawai juga dapat digetarkan sedemikian sehingga antara kedua ujungnya terdapat dua buah simpul, yaitu dengan cara pada jarak  panjang dawai dari salah satu ujungnya dijepit dengan penumpu dan dawai digetarkan pada jarak L, maka pola gelombang yang terjadi dapat digambar sebagai berikut :
Seluruh panjang dawai akan menggetar dengan membentuk 1 gelombang.
Jadi L = 1 l2  Nada yang ditimbulkan adalah nada atas kedua dengan frekwensi f2.
Jadi :
L =  l2 atau l2  = L
f2 . l2 = f2 . L = v
f2 
dari data di atas dapat disimpulkan :
fo : f1 : f2 :  .  .  .   = 1 : 2 : 3 :  .  .  .
Yang disebut nada selaras (nada harmonis) atau juga dinamakan nada flageolet.
Rumus umum dari pada frekwensi nada-nada tersebut di atas adalah :
karena v adalah kecepatan rambat gelombang transversal, maka dari persamaan di atas dapat disimpulkan dalam hukum Mersenne berikut ini :
1. Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan panjang dawai.
2. Frekwensi nada dasar dawai berbanding lurus ( berbanding senilai ) dengan akar    kuadrat tegangan tali.
3. Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan akar kudrat penampang dawai.
4. Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan akar kuadrat masa jenis bahan dawai.

Pada nada atas ke-n terdapat ( n+2 ) simpul dan ( n+1 ) perut.

Demikian pembahasan materi ""Sumber Sumber Bunyi "", Getaran Bunyi Penjelasan, Pengertian tersebut diatas harapan dapat segera menguasai materi tersebut, salam sukses sukses selalu.. Mohon like, Share bagi kan keteman teman beramal klau bukan sekarang kapan lagi.. hehehe Terima Kasih

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts