Pengertian Gelombang Bunyi, Bahan Penyerap Bunyi

www.cepatrambatbunyi.blogspot.com merupakan blog situs menyajikan membahas khusus mengenai materi cepat rambat bunyi, harapan dapat mencerdaskan dan memberikan Informasi lengkap terhadap anak sekolah dan masyarakat, semoga dapat bermanfaat, Berikut pembehasan tentang Pengertian Gelombang Bunyi, Bahan Penyerap Bunyi:
Pengertian Gelombang Bunyi, Bahan Penyerap Bunyi

Gelombang Bunyi
Kata bunyi mempunyai dua definisi, yaitu: (1) secara fisis, bunyi adalah penyimpangan tekanan, pergeseran partikel dalam medium elastik seperti udara dan (2) secara fisiologis, bunyi adalah sensasi pendengaran yang disebabkan penyimpangan fisis yang digambarkan di atas (Doelle, 1993).

Ketika bunyi menumbuk suatu batas dari medium yang dilewatinya, maka energi dalam gelombang bunyi dapat diteruskan, diserap atau dipantulkan oleh batas tersebut. Pada umumnya ketiganya terjadi pada derajat tingkat yang berbeda, tergantung pada jenis batas yang dilewatinya (Lord, 1980).

Bahan Penyerap Bunyi
Bahan penyerap bunyi pada umumnya dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu bahan berpori, panel absorber, dan resonator rongga. Pengelompokan ini didasarkan pada proses perubahan energi suara yang menumbuk permukaan bahan menjadi energi panas. Karakteristik suatu bahan penyerap bunyi dinyatakan dengan besarnya nilai koefisien serapan bunyi untuk tiap frekuensi eksitasi. Pada umumnya bahan penyerap bunyi memiliki tingkat penyerapan pada rentang frekuensi tertentu saja. (Sabri, 2005).


Besarnya penyerapan bunyi pada material penyerap dinyatakan dengan koefisien serapan (α). Koefisien serapan (α) dinyatakan dalam bilangan antara 0 dan 1. Nilai koefisien serapan 0 menyatakan tidak ada energi bunyi yang diserap dan nilai koefisien serapan 1 menyatakan serapan yang sempurna. (Sriwigiyatno, 2006).

Reaksi serap terjadi akibat turut bergetarnya material terhadap gelombang suara yang sampai pada permukaan material tersebut. Getaran suara yang sampai dipermukaan turut menggetarkan partikel dan pori-pori udara pada material tersebut. Sebagian dari getaran tersebut terpantul kembali ke ruangan, sebagian berubah menjadi panas dan sebagian lagi di teruskan ke bidang lain dari material tersebut. (Gunawan, 2008).

Demikian pembahasan materi Pengertian Gelombang Bunyi, Bahan Penyerap Bunyi tersebut diatas harapan dapat segera menguasai materi tersebut, salam sukses sukses selalu.. Mohon like, Share bagi kan keteman teman beramal klau bukan sekarang kapan lagi.. hehehe Terima Kasih

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts