Kecepatan Gerak Bunyi Pada Plasma, Kompleks Kecepatan Bunyi

Selama ini, jurnal-jurnal ilmiah internasional selalu menggaungkan moto bahwa mereka menerima paper hasil penelitian berkualitas dari seluruh dunia. Untuk kali pertama, visi jurnal ilmiah berkembang, tak cuma paper dari penjuru Bumi yang dimuat, tetapi juga paper yang dikirim dari luar angkasa.

Paper pertama yang dikirim dari luar angkasa, tepatnya dari International Space Station (ISS), adalah hasil penelitian tentang karakteristik plasma kompleks dalam kondisi tanpa gravitasi. 

Jurnal Europhysics Letters (EPL) menjadi jurnal pertama yang menerbitkan paper yang dikirim dari luar angkasa. Hasil penelitian yang dipublikasikan merupakan wujud kerja sama ilmuwan Jerman dan Rusia yang berjumlah 29 orang selama 10 tahun terakhir. 

ksperimen dilakukan pada 2010 lalu oleh Alexander Alexandrovich Skvortsov di stasiun antariksa itu, sementara paper dimasukkan ke EPL pada 27 Oktober 2011 oleh rekan Skvortsov, Sergey Alexandrovich Volkov yang hingga kini masih di ISS.

Michael Schreiber, pemimpin redaksi jurnal EPL seperti dikuti situs Physorg, mengatakan, "Saya pastinya mengharapkan adanya penelitian hebat selanjutnya dari luar angkasa. Tentu masih sulit bagi kita untuk menerima paper dari Bulan. 

Namun, mungkin misi pertama Mars tepat waktunya untuk mengirimkan paper penelitian pada ulang tahun emas kami pada tahun 2036." Paper pertama dari ruang angkasa diterbitkan EPL, Jumat lalu. Penelitian itu menguraikan kecepatan gerak bunyi pada plasma kompleks. 

Penelitian tentang kecepatan bunyi bergerak penting untuk mengetahui struktur, karakteristik, dan perilaku material tertentu serta memberi petunjuk tentang elastisitas material.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts